Kamis, 05 November 2009

Kebutuhan Biologis Manusia

Kebutuhan Biologis Manusia


Manusia sebagai makhluk hidup mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi salah satunya adalah kebutuhan biologis yang terdiri dari oksigen yang dibutuhkan untuk proses respirasi,cairan, istirahat dan tidur, melakukan aktivitas, pakaian, tempat berlindung, bereproduksi, dan mempunyai suhu tubuh.
1.      OKSIGEN
Oksigen merupakan unsur gas dengan symbol O. Gas ini tidak berwarna dan tidak mempunyai rasa. Di dalam tubuh, oksigen diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah. Oksigen diperlukan oleh sel untuk mengubah glukosa menjadi energi. Selanjutnya energi inilah yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti aktifitas fisik, penyerapan makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh dan penghancuran bebarapa racun sisa metabolisme.Kekurangan oksigen menyebabkan metabolisme tidak berlangsung sempurna. Akibatnya tubuh terasa lelah, pegal-pegal, mengantuk, kekabalan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit.
2.      NUTRISI
Pengaturan nutrisi untuk asupan sehari-hari sangat dibutuhkan baik untuk bayi hingga manula. Tetapi terkadang karena kesibukan sehari-hari kita tidak dapat mengatur asupan tersebut.
http://www.medicastore.com/apotik_online/image/piramida_nutrisi.jpg
Gambar. Piramida nutrisi

Sehingga banyak menimbulkan masalah kesehatan, baik kurang gizi atau kelebihan gizi atau nutrisi.
Sehingga untuk mengatasi masalah nutrisi dibutuhkan produk atau obat untuk mengatasinya. Untuk produk yang berkaitan dengan nutrisi dapat dibagi sebagai berikut :
1.      Nutrisi bayi
2.      Produk nutrisi lainnya
3.      Larutan parenteral
4.      Tonik
5.      Perangsang nafsu makan
6.      Anti obesitas
Sumber nutrisi terbaik dari bayi sudah pasti air susu ibu. Akan tetapi karena adanya kendala pada waktu pemberian air susu ibu baik dari si ibu maupun bayinya sehingga dibutuhkan asupan nutrisi selain dari air susu ibu. Bila dibutuhkan, produk nutrisi bayi ini ada yang untuk pengganti ASI ataupun pelengkap ASI dengan bentuk sediaan susu ataupun biskuit.
Pada anak-anak hingga orang dewasa terkadang juga diperlukan tambahan nutrisi dalam bentuk susu baik untuk keseluruhan nutrisinya atau penekanan pada salah satu jenis nutrisi misalnya kalsium untuk mencegah osteoporosis.
Pada keadaan tertentu dimana penderita tidak dapat mengkonsumsi nutrisi dengan jalur oral digunakan sediaan larutan parenteral dengan jalur intra vena (melalui pembuluh darah) yang biasa berupa infus.
Produk tonikum atau tonik digunakan untuk berbagai masalah yang spesifik dengan produk spesifik juga. Misalnya untuk meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan energi, meningktakan aktivitas spesifik dari sistem imun dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
Masalah lain dalam hal nutrisi adalah kurangnya atau hilangnya nafsu makan sehingga menimbulkan kekurangan nutrisi untuk mengatasi hal tersebut digunakan sediaan obat atau vitamin. Biasanya sediaan obat tersebut mengandung curcumin, kombinasi dari beberapa vitamin B atau lysin, yang dikombinasi dengan vitamin lainnya.

3.      AIR
Selain oksigen, air adalah komponen terpenting yang dibutuhkan tubuh.
Air berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, membantu pencernaan dan proses kimia tubuh, membuang kotoran, melancarkan persendian, dan menyalurkan nutrisi ke sel sel tubuh.Demikian pentingnya air, tubuh kita lebih bisa bertahan tanpa makanan daripada tanpa air.Rata-rata, tubuh kita mengandung sekitar 60% air. Dari otak, otot, dan kulit yang mengandung sekitar 75% air sampai ke tulang yang mengandung sekitar 20% air.Karena itu, sudah sewajarnya kita memperhatikan quality dan quantity air yang kita minum.Untuk berfungsi dengan baik, tubuh memerlukan sekitar 2 liter air setiap hari, tergantung dari berat badan dan aktivitas yang dilakukan. Minumlah secara berkala sekitar 1 gelas air setiap jamnya. Jangan menggunakan rasa haus sebagai tanda untuk minum karena pada saat itu tubuh sudah benar benar kekurangan air.Juga, minimalkan minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, soft-drinks) dan alkohol karena minuman tersebut bersifat diuretic, yaitu mengeluarkan lebih banyak air dari tubuh daripada memasukan. Sehingga pada akhirnya, tubuh akan menjadi lebih haus dari sebelumnya.Sedangkan untuk quality, minumlah air yang semurni mungkin. Air yang murni dengan sendirinya bebas dari zat-zat lain, termasuk mineral. Tetapi jangan dirisaukan karena kemurnian air jauh lebih penting dari mineralnya. Semua ahli nutrisi (termasuk World Health Organization) akan mengkonfirmasi bahwa sumber utama mineral tubuh kita datangnya dari sayuran dan buah-buahan yang kita makan dan bukan dari air minum. Demikian pula jenisnya, mineral yang terkandung di dalam sayur dan buah lebih cocok untuk tubuh manusia dibandingkan mineral yang berasal dari air tanah (organik vs. anorganik).Bila kebutuhan air tubuh kita tidak dipenuhi, maka sedikit demi sedikit masalah kesehatan akan mulai muncul. Mulai dari rasa lelah (fatigue) dan sakit kepala, sampai yang parah seperti batu ginjal.
4.      ISTIRAHAT dan TIDUR
Semua mahluk hidup memerlukan istirahat setelah melakukan aktivitas / kegiatan, karena aktivitas tersebut menggunakan jaringan sel hidup sehingga akan timbul kerusakan pada jaringan tersebut, istirahat ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang dimaksud. Selama kita tidur, tubuh mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru dan limbah serta uap kotor yang terjadi pun dibuang. Tidur ini tidak hanya diperlukan oleh manusia dan hewan saja, tumbuh-tumbuhan pun memerlukannya. Sebagai contoh saja, pada siang hari tumbuhan bunga matahari daun-daun kelopak bunganya terbuka dan menutup kembali pada waktu senja menjelang malam hari.
Mengenai tidur ini, tidak ada aturan kaku dan ketat yang diberlakukan, karena istirahat tidur ini tergantung pada usia, jenis pekerjaan, temperamen setiap individu. Bayi dan anak-anak memerlukan tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Pada orang orang yang sudah berumur mereka sebenarnya lebih memerlukan istirahat daripada tidur yang sebenarnya, selama berbaring mereka lebih banyak menggunakan waktu untuk mengubah-ubah posisi berbaringnya saja. Orang yang bekerja dengan menggunakan otak/pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Orang-orang yang lemah dan sakit-sakitan memerlukan lebih banyak tidur daripada orang sehat. Sebagai suatu ukuran, orang dewasa yang sehat dan banyak bekerja dengan otak/pikiran seyogyanya tidur selama tujuh jam.
Malam hari adalah waktu terbaik untuk tidur. Hal ini bukanlah masalah kebiasaan saja bahwa orang-orang yang bekerja pada siang hari akan tidur pada malam hari, namun secara alamiah terlihat bahwa siang hari lebih cocok untuk bekerja dan waktu malam digunakan untuk beristirahat/tidur. Pelaksanaan diluar aturan alamiah ini akan menimbulkan suatu beban yang lebih besar dan menghasilkan kondisi yang tidak sehat. Sebagai buktinya adalah bahwa para penjaga malam, dan bintang-bintang sinema yang bekerja di malam hari sebagai konsekwensinya harus tidur di siang hari, hal demikian dapat membuat suatu pengaruh yang dapat mengganggu kesehatannya.



5.      AKTIFITAS
Setiap manusia membutuhkan aktifitas untuk menggerakkan tubuhnya agar dapat berfungsi dengan maksimal sesuai dengan kebutuhannya, misalnya otot berkontraksi, otak berkembang
6.      PAKAIAN
Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi tubuhnya, menjaga kesopanan, harga diri, dengan mempercantik penampilan, dengan pakaian yang rapih. Tapi dewaasa ini pakaian juga di jadikan gaya hidup atau sebagai alat pengukur status.
7.      TEMPAT BERLINDUNG
Tempat berlindung termasuk kebutuhan manusia, karena dengan memiliki tempat berlindung manusia dapat melindungi diri nya dari bahaya lingkungan sekitar dari kriminalitas, terjaga saat hujan tiba, panas matahari, binatang liar

8.      REPRODUKSI
Reproduksi adalah cara dasar mempertahankan diri yang dilakukan oleh semua bentuk kehidupan; setiap individu organisme ada sebagai hasil dari suatu proses reproduksi oleh pendahulunya. Cara reproduksi secara umum dibagi menjadi dua jenis: seksual dan aseksual.Dalam reproduksi aseksual, suatu individu dapat melakukan reproduksi tanpa keterlibatan individu lain dari spesies yang sama. Pembelahan sel bakteri menjadi dua sel anak adalah contoh dari reproduksi aseksual. Walaupun demikian, reproduksi aseksual tidak dibatasi kepada organisme bersel satu. Kebanyakan tumbuhan juga memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi aseksual.Reproduksi seksual membutuhkan keterlibatan dua individu, biasanya dari jenis kelamin yang berbeda. Reproduksi manusia normal adalah contoh umum reproduksi seksual. Secara umum, organisme yang lebih kompleks melakukan reproduksi secara seksual, sedangkan organisme yang lebih sederhana, biasanya satu sel, bereproduksi secara aseksual.


9.      SUHU TUBUH
Suhu tubuh manusia stabil adalah 36-37 untuk dewasa, dan bayi 36,5-37,5. Jika lebih atau kurang dari suhu normal tersebut dapat dikatakan manusia sakit, ada gangguan pada tubuhnya, sehingga manusia harus menjaga kstabilan suhu tubuhnya.

HOMEODINAMIK
Homeodinamik merupakan pertukaran energy secara terus-menerus antara manusia dengan lingkungan sekite\arnya. Pada proses ini manusi tidak hanya melakukan penyesuaian diri, tetapi terus berinteraksi dengan lingkungan agar mampu mempertahankan hidupnya.
Misalnya manusia dengan tumbuhan, keduanya mempunyai hubungan timbal balik dimana manusia membutuhkan gas beupa O2 yang dikeluarkan leh tumbuhan, begitu pula sebaliknya tumbuhan memerlukan gas yang dikeluarkan oleh manusia berupa CO2.
Proses homeodinamik bermula dari teori tentang manusia sebagai unit yang merupakan satu kesatuan utuh, memiliki karakter yang berbeda-beda, proses hidup yang dinamis, selalu berinteraksi dengan lingkungan yang dapat dipengaruhi dan mempengaruhinya, serta memiliki keunikan tersendiri. Dalam proses homeodinamik ini terdapat beberapa prinsip berikut :
1.      Prinsip integralitas, yaitu prinsip utama dalam hubungan antara manusia dengan lingkungan yang tidak dapat dipisahkan. Perubahan proses kehidupan ini terjadi secara terus-menerus karena adanya interaksi manusia denagn lingkungan yang saling mempengaruhi.
Misalnya manusia dengan lingkungan, apabila di sekitar lingkungan kita kotor maka secara tidak sadar kita terlalu banyak menghirup CO2 dibanding O2, Co2 yang seharusnya kita keluarkan justru lebih banyak kita hirup sehingga mempengaruhi system pernafasan dan kondisi tubuh kita terganggu dan dan menyebabkan kita lemas, sesak, kurang konsentrasi, dsb.
2.      Prinsip resonansi, yaitu prinsip bahwa kehidupan manusia selalu berirama dan frekuensinya bervariasi, mengingat manusia memiliki pengalamn beradaptasi dengan lingkungan.
Misalnya dalam organisasi, jika organisasi itu mengadakan musyawarah untuk mencapai suatu tujuan maka setiap anggotanya pasti tidak mungkin satu pendapat. Setiap anggotany memiliki pemikiran yang berbeda-beda dan itu membuktikan bahwa manusia bervariasi. Selain itu dalam sebuah musyawarah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti selisih paham setiap anggotanya harus mampu beradaptasi dan bisa saling menghargai dan menerima pendapat orang lain, dengan itu suatu musyawarah akan berjalan dengan lancer.
3.      Prinsip Helicy, yaitu prinsip bahwa setiap perubahan dalam proses kehidupan manusia berlangsung perlahan-lahan dan terdapat hubungan antara manusia dan lingkungan.
Seperti manusia yang baru lahir tidak mungkin dalam waktu yang suingkat menjadi manusia dewasa, karena manusia itu untuk mencapai kedewasaan harus menempuh tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang dimulai dari bayi~balita~anak-anak~remaja~dewasa, dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan tahapan-tahapan itupun tidak terlepas pengaruh manusia tersebut dengan lingkungannya.
Misalnya dengan tumbuhan, manusia sangat memerlukan O2 yang dikeluarkan oleh tumbuhan, begitu pula sebaliknya tumbuhan sangat memerlukan CO2 yang dikeluarkan oleh manusia.